Selasa, 29 Mei 2012

RPP SEJARAH SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP : ……………………………………………….. Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (aspek sejarah) Kelas/Semester : IX/1 Pertemuan ke- : 2 (dua) Alokasi Waktu : 3 x 40 menit Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia Kompetensi Dasar : 1.2. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap kondisi sosial, politik dan ekonomi di Indonesia Indikator : - Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II - Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II (tokoh-tokoh, tempat dan waktu) - Mendeskripsikan perjanjian-perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II (isi perjanjian postdam, paris dan san fransisco) - Mendeskripsikan dampak Perang Dunia II bagi Indonesia (khususnya pendudukan Jepang di Indonesia) A. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu untuk: • Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II • Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II (tokoh-tokoh, tempat dan waktu) • Mendeskripsikan perjanjian-perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II (isi perjanjian postdam, paris dan san fransisco) • Mendeskripsikan dampak Perang Dunia II bagi Indonesia (khususnya pendudukan Jepang di Indonesia) B. Materi Pembelajaran • Perang Dunia II C. Metode Pembelajaran Ceramah bervariasi melalui peta konsep dan Tanya Jawab D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengibaratkan Paerang Dunia II bagaikan kasus “tawuran antar supporter sepak bola” hal ini untuk mengetahui kata kunci yang akan dibahas yaitu, latar belakang, kronologi, upaya penyelesaian dan dampak • Motivasi guru menggunakan kata-kata kunci di atas untuk menjelaskan Perang Dunia II melalui peta konsep 2. Kegiatan Inti • Guru mendeskripsikan latar belakang terjadinya Perang Dunia II melalui sebab khusus dan sebab umum • Guru mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II melalui tokoh-tokoh yang terlibat, tempat-tempat berlangsungnya Perang Dunia II dan Waktu terjadinya Perang Dunia II • Guru mendeskripsikan isi perjanjian-perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II (postdam, paris dan san fransisco) • Guru mendeskripsikan dampak pendudukan Jepang di Indonesia di bidang sosial, ekonomi dan politik sebagai akibat dari Perang Dunia II 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas melalui Tanya Jawab • Menarik kesimpulan materi. • Peserta didik mengerjakan soal evaluasi dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. E. Sumber Belajar • Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX SMP/MTS • Buku sejarah lain yang relevan • Peta konsep F. Penilaian Tugas • Buatlah diagram pihak-pihak yang terlibat dalam Perang Dunia II (1939-1945) antara Blok Sekutu dan Blok Sentral Dengan melihat diagram tersebut, menurut kalian mengapa Blok Sekutu dapat memenangkan Perang Dunia II? • Tugas yang dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Mengetahui, ............,..................... Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran .................................. .................................. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP : SMP NEGERI 3 PARENGAN Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu) Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah Indikator : - Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Protestan di Indonesia Alokasi Waktu : 1 x 45 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk: • Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Protestan di Indonesia B. Materi Pembelajaran • Perkembangan Agama Kristen Protestan di Indonesia C. Metode Pembelajaran Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru menjelaskan proses lahirnya agama Kristen Protestan. • Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi. 2. Kegiatan Inti • Peserta didik mencari artikel mengenai Gereja Protestan di internet pada situs www.pgi.org.id (Dunia Maya hal 35). • Guru menjelaskan proses masuk dan berkembangnya agama Kristen Protestan di Indonesia. 3. Kegiatan Penutup • Menarik kesimpulan materi. • Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 37 - 38). E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat • Kurikulum KTSP dan perangkatnya • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS • Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 29 - 40) • Peta konsep • Power point • OHP • Buku-buku penunjang yang relevan • Internet F. Penilaian • Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 37 - 38). Parengan 2010 Mengetahui Kepala SMP N 3 Parengan Guru Mata Pelajaran Drs Hamdhani, M.Pd Suminto Fitriantoro, S.Pd NIP. 196025081982.1.1.006 NIGTT. 0019860611.2009.41 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP : SMP NEGERI 3 PARENGAN Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu) Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional Kompetensi Dasar : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional, Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia Indikator : - Mendeskripsikan pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional - Mengidentifikasi pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia Alokasi Waktu : 1 x 45 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk: • Mendeskripsikan pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional • Mengidentifikasi pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia B. Materi Pembelajaran • Pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional • Pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat C. Metode Pembelajaran Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Apa pengertian nasionalisme?”. • Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi. 2. Kegiatan Inti • Guru menugaskan peserta didik mencari artikel maupun situs tentang pengertian nasionalisme dengan menggunakan search engine yahoo.com atau google.com. Hasil temuan dikumpulkan berupa portofolio dalam bentuk karya tulis beserta alamat situs yang didapatkan (Dunia Maya hal 43). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. • Guru menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia 3. Kegiatan Penutup • Menarik kesimpulan materi. • Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 50). E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat • Kurikulum KTSP dan perangkatnya • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS • Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 41 - 52) • Peta konsep • Power point • OHP • Buku-buku penunjang yang relevan • Internet F. Penilaian • Portofolio dalam bentuk karya tulis mengenai pengertian nasionalisme dengan menggunakan search engine yahoo.com atau google.com (Dunia Maya hal 43). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Rubrik Penilaian Indikator Nilai kualitatif Nilai kuantitatif Deskripsi (Alasan) Pengetahuan tentang konsep nasionalisme Pemahaman tentang konsep nasionalisme Kualitas karya tulis Sistematika karya tulis Kesesuaian karya tulis dengan tugas yang diberikan Kerapian karya tulis Nilai rata-rata Parengan 2010 Mengetahui Kepala SMP N 3 Parengan Guru Mata Pelajaran Drs Hamdhani, M.Pd Suminto Fitriantoro, S.Pd NIP. 196025081982.1.1.006 NIGTT. 0019860611.2009.41 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. : ……………………………………………….. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia Indikator : - Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk: • Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia B. Materi Pembelajaran • Latar belakang Jepang menguasai Indonesia C. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan Restorasi Meiji?”. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Kegiatan Inti • Guru dan peserta didik menonton film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise mengenai Restorasi Meiji pada abad ke-19. • Peserta didik membuat uraian analitis tentang nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samurai dan digantikan oleh para shogun (Analitika hal 244). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. E. Sumber Belajar • Kurikulum KTSP dan perangkatnya • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS • Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 229 – 248) • Peta konsep • Power point • OHP/slide • Buku-buku penunjang yang relevan • Internet F. Penilaian • Portofolio berbentuk uraian analitis tentang nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samurai dan digantikan oleh para shogun (Analitika hal 244). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif Deskripsi Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika penulisan Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian, bahasan dan bahasa Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif Jumlah Mengetahui, Jakarta, ……….............. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………........ ........................................ NIP/NRK....................... NIP/NRK....................... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. : ……………………………………………….. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia Indikator : - Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan - Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah Alokasi Waktu : 2x45 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk: • Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan • Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah B. Materi Pembelajaran • Pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan • Dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah C. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, pemberian tugas D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Bagaimana sikap rakyat Indonesia pada saat kedatangan Jepang di Indonesia?”. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Kegiatan Inti • Guru mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan. • Tanya jawab mengenai dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah • Peserta didik membuat karya tulis dan gambar yang menceritakan opini dan pandangan mengenai kekejaman kolonialisme Jepang (Aktivitas hal 244). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. • Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 245 – 248 no. 1 – 20) dan soal uraian (hal 247 no. 1 – 10). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. E. Sumber Belajar • Kurikulum KTSP dan perangkatnya • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS • Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 229 – 248) • Peta konsep • Power point • OHP/slide • Buku-buku penunjang yang relevan • Internet F. Penilaian • Portofolio berbentuk karya tulis dan gambar yang menceritakan opini dan pandangan mengenai kekejaman kolonialisme Jepang (Aktivitas hal 244). • Evaluasi pilihan ganda hal 245 – 248 no. 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 247 no. 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif Deskripsi Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika penulisan Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian, bahasan dan bahasa Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif Jumlah Kunci Jawaban A. 1. b 2. c 3. a 4. a 5. c 6. d 7. a 8. c 9. c 10. e 11. a 12. b 13. d 14. d 15. a 16. a 17. a 18. b 19. a 20. b B. 1. Pengaruh modernisasi Jepang di Asia Pasifik, antara lain ditunjukkan oleh bangkitnya rasa nasionalisme bangsa-bangsa terjajah di Asia untuk berjuang memperoleh kemerdekaan. 2. Jepang ingin menjadikan bangsa-bangsa di Asia sebagai tempat pemasaran sekaligus pemasok bahan mentah bagi industrinya. 3. Jepang dianggap sebagai saudara tua yang membebaskan Indonesia dari Belanda. Selain itu, sikap Jepang sejak semula sudah membicarakan bangsa Asia dan mengajak nasionalis Indonesia untuk bekerja sama. 4. Mengeksploitasi sumber daya manusia dan alam di Indonesia untuk kebutuhan industri dan memenangkan perang melawan Sekutu. 5. Hal itu disebabkan rakyat mengetahui bahwa Gerakan 3 A hanya merupakan propaganda Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia. 6. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Seluruh kekayaan rakyat dikuras habis dan mereka mendapat perlakuan buruk dari Jepang. Selain harus bekerja sepanjang hari, mereka pun sering tidak memperoleh makanan dan perawatan. Hal itu menyebabkan banyak diantaranya yang meninggal dunia. 7. Pada awalnya, rakyat Indonesia menerima Jepang dengan sukacita karena telah membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda. Rakyat menganggap Jepang sebagai saudara tua. 8. Pemberontakan Peta di Blitar dipimpin oleh Supriyadi, pemberontakan di Lhokseumawe dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil, pemberontakan di Sukamanah dipimpin oleh K.H. Zaenal Mustofa, pemberontakan di Indramayu dipimpin oleh H. Madriyan, pemberontakan di Meureu dipimpin oleh Teuku Hamid. 9. Masa pendudukan Jepang di bidang ekonomi mengutamakan penguasaan atas sumber-sumber bahan mentah untuk industri perang. Dengan asas ekonomi perang, semua sektor ekonomi dikuasai pemerintah dan perdagangan dimonopoli pihak swasta Jepang. Di bidang pendidikan, sistem pengajaran dan strukturkurikulum sekolah ditujukan untuk kepentingan Perang Asia Timur Raya. Diadakan proses doktrnasi kepada guru-guru dalam Hakko Ichiu (Delapan Benang Merah dalam Satu Atap) yang intinya adalah pembentukan suatu lingkungan yang didominasi oleh Jepang. 10. Penerapan tonarigumi (rukun tetangga) untuk membangun pertahanan masyarakat secara gotong-royong masih berlaku hingga saat ini. Mengetahui, Jakarta, ……….............. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………........ ........................................ NIP/NRK....................... NIP/NRK....................... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. : ……………………………………………….. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XII/1 Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia Indikator : - Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI - Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk: • Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI • Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia B. Materi Pembelajaran • Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia • Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 C. Metode Pembelajaran Diskusi jigsaw dan pemberian tugas D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan • Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai posisi Jepang dalam Perang Dunia II yang berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah kolonial Jepang di Indonesia. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Kegiatan Inti • Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok dan materi dibagi dalam dua bagian, yaitu BPUPKI dan PPKI. Setiap kelompok menganalisis satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu dua puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain. • Guru menjelaskan peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah Proklamasi, dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diselingi tanya jawab dengan peserta didik. • Peserta didik membuat sebuah kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Aktivitas hal 14). 3. Kegiatan Penutup • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. • Menarik kesimpulan materi. E. Sumber Belajar • Kurikulum KTSP dan perangkatnya • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS • Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 1 – 30) • Peta konsep • Power point • OHP • Buku-buku penunjang yang relevan • Internet F. Penilaian • Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai BPUPKI dan PPKI. Lembar Penilaian Diskusi Hari/Tanggal : ……………………………………………………. Topik diskusi/debat : …………………………………………………….. No Sikap/Aspek yang dinilai Nama Kelompok/ Nama peserta didik Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif Penilaian kelompok 1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1. Berani mengemukakan pendapat 2. Berani menjawab pertanyaan 3. Inisiatif 4. Ketelitian Jumlah Nilai Individu • Kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Aktivitas hal 14). Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif Deskripsi Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi kronologi Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil kronologi sesuai dengan tema yang diajukan Penutup Memberikan kesimpulan Orisinalitas karangan Kronologi merupakan hasil sendiri Penyajian dan bahasa Bahasa sesuai EYD dan komunikatif Jumlah Mengetahui, Jakarta, ……….............. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………........ ........................................ NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................

1 komentar:

  1. bro,
    ada RPP terbaru tentang sejarah untuk kelas smp?
    mohon kalo ada saya minta, makasih bro

    BalasHapus